Kamis, 18 April 2013

Yamaha New Jupiter Z1, Jangan Remehkan Handlingnya

sore gan

sedikit cerita tentang motor bebek 115 cc yamaha Jupiter Z1 yang notabene mempunyai power lebih tinggi dari motor bebek 125 CC kompetitornya.


kemarin saat saya pulang dari suatu acara dengan si old MX, yaa seperti biasa karena menjelang maghrib, maka naluri ngebutnya pun dikeluarkan hehe, seperti biasa saya lewat jalan wadaslintang #karena rumah ane cuma lewat jalur itu sih..:D, buat brader yang pernah lewat jalan situ pasti tau lah bagaimana kondisi jalannya, walaupun nggak berlubang tapi berliku-liku yang memacu adrenalin, tapi buat saya itu udah hal biasa, kan sudah jadi makanan sehari-hari jeh.

singkat cerita saya menyusul pengendara muda naik Jupiter Z1, kira-kira lebih tua dua tahunan lah sama saya, nggak pake helm dan cuma memakai sarung bro sis. Dengan gaya yang ngalay badan rada digeser ke kiri dari jok, saya pun mengikuti dibelakangnya, selang beberapa waktu dia ngelihat ke spion, ngira ane nantang balap mungkin. Spontan si alay itu pun geber gass bro sis, dalam hati saya berpikir "kenceng banget tuh tarikan motor".

 saya yang kepancing pun ikut ngladenin tuh kakak, saya pun menyusulnya di trek lurus yang rada panjang, mungkin hampir nempel spakbor tuh Z1, tapi ane selalu kalah start di tikungan, serasa stabil banget tuh motor, akselerasi 1-2 detik si MX pun ngaku kalah, tapi ada lurus sedikit si MX ane berhasil ndeketin lagi, tapi yaa berlanjut kalo tiap tikungan serasa kalah handling si MX dengan Z1, bagi bro n sist yang pernah naik mx pasti sudah tau lah gimana rasa monoshock si MX lembut dan daya redamnya pun kurang, jadi kurang lincah buat kecepatan tinggi di tikungan. hal ini berbanding terbaling dengan si Z1 yang serasa stabil saat di tikungan walaupun harus mengakui kegarangan si mx saat di trek lurus #hehe. 

Walhasil, setelah sekitar 5km'an adu nyali dengan si pengendara Z1, saya pun mengendorkan gas dan membiarkan si Z1 ngacir dan mengakui pula handling si Z1 itu. Daripada nanti terjadi hal yang nggak diinginkan mending saya yang mengalah, apalagi saat itu sedang Maghrib bro sist, tapiii seandainya ada trek lurus 200 meteran, mungkin saya akan jabanin tuh motor dan akan menyalipnya.

Last kesimpulannya, untuk torsi dan handling, IMHO buat New Jupiter Z1 sangat baik bro sist, sesuain ciri khas yamaha, stabil dan nyaman. Dan dalam hal ini, si MX harus mengakuinya. Mungkin bisa dijadiin referensi buat brader yang ingin meminang ni motor, apalagi untuk urusan power motor ini powernya lebih gede dari bebek 125cc kompetitornya bro sist. Pantas saja motor ini sekarang merajai ajang Indoprik.

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
Kritik dan Saran
email : radiansblog189@gmail.com
twitter @RisKa_Anfield

5 komentar:

Anonim mengatakan...

thx gan, bisa jadi referensi ini

Riska Prastyawan mengatakan...

oke,,

Andre P Hartantya mengatakan...

Riska Elek

Riska Prastyawan mengatakan...

Setiap orang punya kelebihan dan kekurangan gan.

Anonim mengatakan...

Gw pke z1... emang mantab...