Sabtu, 20 April 2013

Komparasi Fitur Yamaha YZF-R125 vs Kawasaki Ninja 250R



Hello Everybody
Kali ini saya akan membahas tentang komparasi fitur dari Sport kasta terendah yamaha yaitu YZF-R125 dengan Kawasaki Ninja 250R.


Hehe, sebenarnya nggak fair sih kalo kedua motor ini dikomparasikan bro sist. Secara kedua motor ini beda kasta dan beda rupa pula. Soal engine, yaa siapa sih yang nggak mengakui kehebatan si dua silinder Kawasaki ninja250 ini, mesin aluss suara stereo pula. bandingkan dengan yzf r125 yang notabene kategori sport pemula, rupa mesin sekilas seperti Vixion cuma beda CC tapii teknologi lebih oke bro sist, sesuai standar eropa dan lebih kenceng pula dari Vixion. But, disini saya tidak akan mengkomparasikan tentang mesin (beda kasta gan) melainkan dari segi fitur kedua kudabesi tersebut yang secara harga mungkin di Indonesia bisa dikatakan Head to Head dan mungin si R125 bisa lebih mahal dari Ninja250, secara karena R125 tidak didatangkan langsung dari Yamaha indonesia bro sist, melainkan dari importir umum. Beda dengan ninja yang masih impor utuh (CBU) dari Thailand tapi didatangkan resmi oleh Kawasaki Indonesia.
Oke, kita langsung saja gan

Desain
Untuk R125, Kita bisa liat bahwa desain dari motor ini begitu racy gan, bicara aura sport sangat kental terasa buat motor berkapasitas mungil yang memang desainnya diambil dari YZF-R1. Perhatikan garis tarikan desain motor yang dijual untuk pasar eropa ini, garis-garis tajam khas Sport yamaha begitu kental terasa pada motor ini. Stang dibuat sejajar denga tangki, body buritan yang nungging abis, serta spakbor belakang dimbil dari yamaha R6. Bagi pengendara motor ini dijamin nunduk racy look.
Yamaha YZF R125

Kawasaki Ninja 250R, motor ini belum lama mengalami upgrade tampilan maupun mesin yang diubah menjadi sistem Injeksi. Untuk desain, motor ini sudah dirombak total oleh Kawasaki, aliran moge look begitu terasa saat melihat si Ninja. Garis desainnya mengikuti ZX-R generasi kawasaki. Tidak beda dengan R125, garis desainnya juga meruncing walaupun tidak setajam R125 Yamaha. Begitu pula dengan posisi stang yang dibuat sedikit lebih tinggi sehingga pengendara tidak terlalu nunduk saat mengendarai si Ninja ini, efeknya motor ini jauh lebih nyaman untuk berkendara jarak jauh dibandingkan R125 yang nunduk khas motor sirkuit.
kawasaki Ninja 250R fi
kesimpulannya, buat yang suka desain Racy look, Garis tajam meruncing, Yamaha R125 the winner. Dan buat yang suka model racy khas aura moge, bisa pilih Ninja 250R.

Kaki-Kaki dan Frame
Yamaha R125 dibekali rangka khas Yamaha, yaitu Deltabox Frame, efeknya motor ini lebih stabil dan lincah di tikungan bro sist IMHO. untuk urusan suspensi depan motor ini dibekali suspensi teleskopik dipadu ban ukuran 100/80-M17 dan single discbrake diameter 292mm untuk pengereman depan. Suspensi belakang dibekali Linked monoshock with spring preload adjustment dipadu ban ukuran 130/70-M17 dan single discbrake 230mm.
posisi mengendarai yang yang nunduk khas motor sirkuit
 istimewanya, motor ini dibekali swingarm alumunium die cast atau yang poluler di dengan nama Arm banana di Indonesia dan untuk bagian pengereman juga memakai rem merk Brembo baik depan maupun belakang.
swingarm alumunium die cast dipadu rem brembo
Ninja 250 R dibekali rangka bertipe diamond. urusan suspensi depan motor ini dibekali suspensi teleskopik, desain pelek palang 10 inspirasi dari ninja ZX-14R dan dibekali ban Belakang ukuran 140mm membuat Ninja ini seperti motor supersport bro sist.


bedanya dengan R125, motor ini masih menggunakan swing arm model biasa yaitu lurus dan sistem pengereman masi mempercayakan bawaan pabrikan.

buat perbedaan lainnya
- sama-sama memiliki speedometer semi digital di kedua motor tersebut
- sama-sama dual headlamp
- sama-sama memiliki desain fairing yang tajam meruncing tajam
dan mungkin rekan-rekan pembaca bisa menambahkan pula perbedaan dan persamaan motor beda kasta tapi model selevel tersebut dari yang belum diulas diatas di kolom komentar.

R125
Ninja 250 R

-  - - - - - - - - - - -  - - - -
kritik dan saran
email : radiansblog189@gmail.com
twitter @RisKa_Anfield