Rabu, 15 Mei 2013

Honda CS 1, Tinggal Menunggu Waktu

pict by pertamax7
Well

sejatinya motor ini tidak pernah salah bro sist, tapi karena model yang cenderung aneh, bebek bukan, sport pun bukan membuat motor ini kurang disukai masyarakat indonesia. Padahal motor ini adalah rancangan dari desainer Indonesia. Begitu pula dalam segi power, motor ini mempunya power yang mumpuni, berbekal mesin sohc 125cc dan dengan DA semi racing ini patut diperhitungkan dengan kompetitor. Tapi apa mau dikata iming iming spek mesin yang jozz ini belum mampu membawanya memperbaiki total penjualan.

Dulu, Honda dengan begitu pede mengeluarkan CS1 (sekitar tahun 2008) untuk bertarung langsung dengan suzuki Satria F, yaa walaupun dalam cc dan power beda si Satria f unggul jauh daripada CS1 ini. But what can I say #koreksi jika salah, dikala si Satria F hingga saat ini moncerrr dalam penjualan, si CS1 seakan semakin nyungsepp dalam hal penjualan, jangankan dengan satria F, buat head to head dengan penjualan Jupiter MX pun terasa beraaaattt. Di tahun 2012 lalu cs1 ini hanya terjual sebanyak 4.207 unit saja, bandingkan dengan MX maupun Satria F yang menjadi pesaingnya mampu menjual sebanyak 20ribuan unit/bulan, bisa dihitung sendiri penjulan kedua motor itu selama 1 tahun di 2012, sedangkan CS1? penjualan 1 tahun'nya aja nggak mampu menyaingi kompetitornya per bulan.


Sadisnya lagi, di awal-awal tahun 2013 ini, penjualan motor bermesin 125 cc turunan Sonic ini dapat dibilang sangat sekarattt. di Bulan januari tercatat di AISI hanya sebanyak 6 unit yang terdistribusi, bahkan di bulan Februari dan Maret tidak ada distribusi sama sekali bro sist. Belum lagi masalah Suku cadang yang mahal dan susah dicari membuat calon konsumen ogah-ogahan buat meminang motor ini masuk ke garasi. Tapi, honda masih dengan begitu pedenya mematok harga motor ini sebesar Rp.17 jutaan otr jakarta. Udah nggak laku, masih mahal pula.

menilik data penjualan Honda CS1 yang kian menurun dari bulan ke bulan bahkan mencapai titik terendah membuat Honda CS1 kini semakin diujung tanduk. banyak spekulasi bermunculan bahwa motor ini sudah di discontinue sejak November 2012 lalu walaupun pernyataan ini ditepis oleh petinggi honda dan berkata bahwa AHM akan tetap melayani bagi para calon konsumen yang akan meminangnya. tapi apakah pabrikan tahan dengan total distribusi yang sangat rendah ini? sedangan produk lain dari pabrikan ini seakan begitu moncer penjualannya. Lalu bagaimana dengan masa depan motor ini? "Belum kita pikirkan. Tapi kita akan pantau terus, kalau memang penjualannya dapat digenjot, kita akan pertahankan, tapi kalau tidak ya ada kemungkinan kita stop," kata Executive Vice President Director PT Astra Honda Motor Johannes Loman.

Last, Nasib CS1 sekarang tinggal menunggu waktu, jika pasar sudah tidak meminta, maka jangan salahkan AHM jika mereka akan menghentikan produksinya atau dengan kata lain suntik mati.
- - - - - - - - - - - - - - -
Kritik dan Saran
email : radiansblog189@gmail.com
twitter @RisKa_Anfield

7 komentar:

Yudha Depp mengatakan...

hahaiii tapi sayang seribu sayang
AHM masih cinta mati sama motor itu
hehee

http://yudhadepp.blogspot.com/2013/05/bila-yimm-melokalkan-mogenya.html?m=1

baridienbp mengatakan...

Klo di jawa barat jadi motor dinas kuwu/kpl desa

Riska Prastyawan mengatakan...

cinta merubah segalanya,,
Haha

Riska Prastyawan mengatakan...

wah mantep, kalo disini cuma honda win

Kurnawan Sajalakh mengatakan...

Sama Gan di Desa saya juga pakenya CS1
HIHIHIHI

nur ana wulandari mengatakan...

padahal enak n oke punya tu motor
dipoles luarnya juga uda cakep
partnya sebagian juga bisa dsubstitusi punya motor lain
buat yang hobi modif bisa juga bikin sendiri :D

Riska Prastyawan mengatakan...

mantapp, tergantung selera bro :)