Jumat, 10 Mei 2013

Hal-Hal Kecil Yang Perlu Diperhatikan dalam Berkendara

Hello Everybody

Mengendarai motor memang mengasikan, dan mungkin bagi sebagian biker, mengendarai motor adalah salah satu hobby dan memberikan sensasi yang berbeda ketimbang kita mengendarai mobil, memang sih tidak banyak yang berkata demikian, namun pastinya bagi para pecinta otomotif roda dua, pasyi akan menikmati tiap detik demi detik sensasi kenikmatan yang dirasakan saat riding, entah itu dengan motor jadul sekalipun #maaf, wong namanya wes menikmati yo arep kepiye menehh (namanya saja sudah menikmati, mau gimana lagi)

well, tahukah bro sist semua hal-hal yang sebenarnya kita anggap sepele dalam sepeda motor dapat menimbulkan hal yang fatal jika suatu saat terjadi kerusakan?  yaa jika tidak kita perhatikan maka akan menimbulkan kecelakaan yang fatal.
Berikut ini beberapa hal-hal kecil yang harus diperhatikan dalam motor kita :

1. Kabel Sensor Kecepatan Speedometer

Kabel sensor kecepatan #begitu saya menyebutnya, nggak tau nama aslinya. digunakan untuk memberikan penunjuk kecepatan di speedometer motor saat berjalan, biasanya kabel ini terletak disamping ban depan motor. Apa yang menyebabkan hal kecil ini harus diperhatikan untuk menghindari kecelakaan? oke, kabel ini sebenarnya tidak berumur panjang bro sist, kadang 1 atau 2 tahun sudah minta diganti #efek pada MX yang 2 tahun minta ganti. Misalnya kabel ini putus saat dikendarai, pastinya menimbulkan peluang untuk begesekan dengan pelek ban motor, fatalnya, jika kabel tersebut mengenai pelek dan tersangkut di pelek tersebut, otomatis kabel itu akan mengikat roda depan sehingga ban depan motor akan terkunci dan kecil kemungkinan akan selamat dari kecelakaan.

2. penutup rantai
    banyak pemuda yang suka melepas hal sepele ini dengan alasan yang begitu sederhana, nggak keren. padahal, kita semua pasti tau apa fungsinya penutup rantai tersebut, selain menghindari rantai dari kotoran debu, juga untuk menhindari celana boncenger agar tidak terkena rantai. Yaa kita ambil sebab yang kedua, biasanya boncenger kaum hawa suka menggunakan rok panjang dan duduk dengan menyamping bro sist. efeknya jika motor berjalan, panjang rok yang bergerak bebas terkena angin mungkin akan pula bergesekan dengan rantai dan gear rantai belakang, bahayanya jika rok tersebut terjepit gerakan gear dan rantai, rok tersebut akan ketarik kebawah dan boncenger pun akan terjatuh kebawah.

3. Melepas Spakbor Belakang 

Tindakan biker melepas spakbor belakang biasanya dilakukan oleh para pemilik motor gede seperti Ninja250 maupun CBR250 dan laiinya, meskipun tidak semua biker melakukannya, tetapi dijalanan banyak kita jumpai hal-hal seperti ini. Apa sih keuntungannya? apa jika melepas spakbor speed jadi naik 2kpj'an? nggak juga kan?. yang ada hanyalah dampak buruk yang biasanya akan dirasakan oleh biker lain. Jika dalam keadaan hujan, cipratan air ban belakan yang seharusnya dapat ditahan oleh spakbor tidak akan terhalang. Efeknya, bagi biker yang berada dibelakangnya akan terkena cipratan air tersebut dan mengganggu jarak pandangan biker saat berkendara.

4. Melepas tutup/pelindung knalpot
     motor yang dikendarai dalam jangka waktu lama menyebabkan saluran pembuangan akan panas. Motor yang saat ini banyak beredar rata-rata sudah diberi pelindung knalpot dengan tujuan melindungi biker maupun boncenger untuk terhindar dari sentuhan langsung dengan knalpot yang mempunyai panas berlebih. Tapi tidak sedikit pula biker yang melepas pelindung ini, efeknya adalah dapat menyebabkan kaki boncenger terluka saat tersentuh langsung dengan kenalpot

5.  merokok

     berkendara sepeda motor diperlukan konsentrasi yang lebih ketimbang dengan mobil, dan berkendara sambil merokok sangat tidak dianjurkan, karena merokok dapat mengganggu konsentrasi pengendara

6. berkendara dengan bermain HP

sama halnya dengan alasan ke 4, berkendara dengan bemain juga mengganggu konsentrasi pengendara karena konsentrasi kita akan terkurangi bahkan akan terpusat pada ponsel yang kita pegang.

7.  Membawa beban yang berlebih
    untuk yang satu ini nggak perlu panjang lebar pasti bro sist semua sudah tau apa dampaknya.


Last, mungkin hanya itu saja opini dari saya, mungkin buat bro n sist yang ingin menambahkan bisa ditulis di kolom komentar.

- - - - - -  - - - - - - - - - - -
kritik dan saran
email radiansblog189@gmail.com
twitter @RisKa_Anfield

7 komentar:

Yudha Depp mengatakan...

mak nyuus tipsnya
http://yudhadepp.blogspot.com/2013/05/premium-6-ribu-rupiah-murah-tuh.html?m=1

Wahyu Adi Wibowo mengatakan...

sing penting alon2 ora nganggo sruntulan

http://wawwiwiwaw.blogspot.com/2013/04/siapa-no-1-motor-injeksi-indonesia.html

Riska Prastyawan mengatakan...

hehe, makasih om Yuda.
Pertamax ini

Riska Prastyawan mengatakan...

mantapppp

Orang Awam mengatakan...

8. Jangan melakukan modifikasi yang berlebihan terhadap kendaraan. Misal: lampu sein diganti warna merah, lampu rem diganti warna biru (Belum ada pabrikan yang memproduksi motor atau mobil yang warna lampu seinnya selain kuning dan lampu remnya selain merah). Ini akan membuat pengendara lain bingung apakah anda mau berhenti, mau belok, atau mau main-main.

Riska Prastyawan mengatakan...

tips menarik gan, memang banyak pemuda yang melakukan modifikasi sperti itu, dan kadang kita juga bingung.

helmi mengatakan...

artikel bagus, mohon izin mau di print buat diinformasikan ke kawan-kawan di lingkungan kantor dan tetangga.