Rabu, 11 September 2013

Waduhh, Knalpot MX Bocor




Hai Bro n Sist..

Motor yang sudah berumur seringkali mulai muncul berbagai problem di sektor luar mesin, setelah beberapa waktu lalu mengalami problem pada monoshock Klik Disini, kali ini RSblog kembali kecolongan karena adanya kurang perhatian terhadap knalpot si Malcoln (nama panggilan buat si mx). Dan ternyata knalpot MX mengalami kebocoran pada bagian muffler/tabung knalpotnya, tepatnya di bagian bawah.


Sebelum mengetahui adanya kebocoran knalpot pada si Malcoln, sebenarnya RSblog sudah merasakan feeling suara yang berbeda pada exhaust saat mesin dinyalakan, suara yang dikeluarkan pada knalpot standar ini terasa terlalu ngebass dari biasanya, yaitu pada saat langsam maupun saat tuas gas ditarik. But, karena saya masih terlalu sibuk jadi kurang memperhatikan adanya problem tersebut, hingga selang beberapa hari saya mengecek knalpot tersebut dan ternyata terdapat lubang di bagian bawah tabung knalpot, nggak tanggung-tanggung gan, 3 sekaligus!, waduhhh.

Sebenarnya RSblog ingin langsung menggantinya dengan knalpot aftermarket seperti NOB1 #yang tingkat kebisingannya rendah, tapi karena masih ada banyaknya kebutuhan khas anak sekolah, maka saya tunda niat tersebut dan akhirnya membawa si Malcoln ke tukang las untuk menutupi lubang kebocoran knalpot tersebut. 
Tidak membutuhkan waktu lama, akhirnya tiga lubang kebocoran knalpot mx sudah tertutup dan alhamdulilah suara yang dihasilkan kembali seperti semula.

Sebagai komponen penyalur gas sisa pembakaran, knalpot juga berfungsi mendukung tampilan motor. Oleh karena itu, komponen ini juga perlu mendapatkan perawatan. Karena knalpot sangat rawan berkarat dan bocor sehingga menghasilkan suara lebih berisik atau keras yang mengikuti perputaran mesin motor.

Selain mengikuti usia motor, karat pada knalpot terjadi karena perbedaan suhu di dalam dan di luar pipa knalpot. Lebih lebih jika bro n sist tinggal di daerah pantai, karena kandungan garam yang cukup tinggi di udara sekitar, maka akan mudah menimbulkan korosi.

So, buat bro n sist yang menggunakan mx atau motor lainnya, mungkin harus memberikan perhatian juga pada knalpot motor anda. terutama knalpot orisinil pada motor 4 tak, karena cenderung kering, maka panas yang dihasilkan bisa menyebabkan karat yang berujung pada kebocoran knalpot, atau efek laiinya juga menyebabkan knalpot mudah menjadi kuning. Lalu, berikan oli secukupnya ke dalam lubang knalpot dua bulan sekali. Jika sudah berkarat, segera bersihkan kotoran yang menempel di knalpot dengan kain atau sikat kawat. Atau dengan cara mengoleskan oli bekas pada leher knalpot, lalu hidupkan mesin cukup dua menit agar oli menyerap. Lama kelamaan kotoran akan mengelupas seiring mengeringnya oli yang kepanasan.

Sekiann…

4 komentar:

Anonim mengatakan...

kalo knalpotnya crom, bisa bocor juga gk ya bro ?

Anonim mengatakan...

wahh. bochor.. bochor...

http://kusuma11wijaya.wordpress.com/2013/09/21/bbm-for-android-sudah-tersedia-bada-maghrib-bagaimana-cara-menggunakannya/

Unknown mengatakan...

tergantung perawatan dan kualitas material knalpot mungkin.

strobo mengatakan...

trimaksih informasinya