Kamis, 20 Juni 2013

Sponsor Rokok dinilai Berdampak Buruk bagi Event Olahraga

Hai Bro..

Buat para motogp lovers pasti belum terlupa dari ingatan, saat itu Tim Ducati disponsori oleh perusahaan rokok Marlboro, saat itu (sekitar tahun 2006-2007) tim pabrikan Ducati memperoleh pendapatan dari sponsor terbanyak! dan sokongan terbesarnya adalah dari Marlboro, begitu pula pada tahun 2005'an Yamaha juga memiliki sponsor utama dari pabrik rokok yaitu GAULOISES.


Namun, setelah dikeuarkannya peraturan baru (setelah tahun 2007) bahwa tim yang memiliki sponsor dari pabrik rokok dilarang memasang tulisannya di motornya, semua sponsor tersebut akhirnya menarik diri dari event balap paling bergengsi tersebut.



Dan akhirnya berkurang pula pendaatan dari tim tim tersebut..
hal ini bisa disebabkan pula dengan adanya banyak opini bahwa sponsor rokok memiliki dampak buruk bagi olahraga.

Seperti yang diungkapkan oleh ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) yang memiliki pendapat lain bahwa pembatasan rokok pada event olahraga akan berdampak buruk bagi event-event olahraga..
berikut kutipannya dari vivanews.com:

Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) DKI Jakarta, Yudiarto, menyoroti pembatasan sponsor rokok pada event olahraga. Yudiarto menilai pembatasan sponsor rokok akan berdampak buruk bagi event-event olahraga di Indonesia.
Berdasarkan PP 109/2012 tentang pengendalian produk tembakau, disebutkan sponsor rokok tidak boleh memasang logo dan menampilkan nama produk pada event yang disponsori. Kondisi tersebut bisa menyulitkan event-event olahraga yang sebagian besar disponsori oleh perusahaan rokok.

Yudiarto menilai ketergantungan atlet terhadap sponsor masih sangat besar, dan rokok adalah satu yang paling siap membantu. IMI sendiri menggelar setidaknya 50 event setiap minggu, baik karting, reli mobil dan motocross. Dari 50 event itu, yang disponsori rokok mencapai 30 event, dengan nilai ekonomi minimal Rp100 juta per event.

"Kalau sponsor rokok untuk dunia olahraga dilarang, maka tolong siapkan alternatif penggantinya, atau olahraga akan mati," ujar Yudiarto dalam rilis yang diterima VIVAnews.

Sementara itu, salah satu promotor otomotif Indonesia, Tjahjadi Gunawan, menegaskan imbas larangan sponsor rokok bisa terjadi hingga level terbawah. "Totalnya bisa ribuan orang yang terlibat, mulai dari mekanik hingga pembalap. Belum termasuk yang jualan makanan-minuman, pengurus parkir, penginapan yang dipakai kru-kru pembalap itu, dan banyak lagi”, ujar Gunawan.

Larangan sponsor rokok ini memang menjadi dilema. Di satu sisi, jumlah kematian akibat penyakit yang berhubungan dengan rokok cukup tinggi. Di sisi lainnya, perusahaan rokok merupakan sponsor terbesar event-event olahraga di Indonesia.

Pasal 36 pada PP 109/2012 menyebutkan produk tembakau yang mensponsori suatu kegiatan lembaga dan/atau perorangan hanya dapat dilakukan dengan tidak menggunakan nama merek dagang dan logo produk tembakau termasuk brand image, tidak bertujuan untuk mempromosikan produk tembakau. Pasal yang sama juga melarang sponsor rokok untuk kegiatan lembaga dan/atau perorangan yang diliput media.

Mantan pembalap nasional, Helmy Sungkar, mengatakan banyak prestasi atlet otomotif meningkat setelah didukung oleh industri rokok sebagai. "Kondisi itu pun tidak membuat atlet-atlet saya itu jadi perokok," papar Helmy. 


Well, sebenarnya sih emang nggak nyambung kalau sponsornya rokok, rokok kan bertentangan banget sama olahraga. Tapi kalau nggak ada sponsornya susah juga bro sist.

Di Indonesia hanyalah perusahaan rokok yang rela jor-joran mengeluarkan duitnya buat mendukung suatu event olahraga tertentu, contohnya saja event Bulutangkis yang disponsori Djarum, ISL juga Djarum, bahkan event olahraga tingkat kabupaten saja yang nyeponsori dari perusahaan rokok.
Dan opini jika ada pembatasan buat sponsor rokok, kayaknya bakalan susah event olahraga bakalan terlaksana dengan lancar..

sekian...

7 komentar:

hiu23 mengatakan...

pikir-pikir.. emang aneh juga yak..

Doddy Permana mengatakan...

Buah si malakama atau lingkaran setan jika rokok itu ibarat iblis yang kadang ada manfaatnya dan juga bahayanya. ckck

Riska Prastyawan mengatakan...

tapi ttep aja jadi sumber dana yg menggiurkan bagi event2 olahraga

Riska Prastyawan mengatakan...

woww, mansbtabhh

Anonim mengatakan...

ducati motogp masih disponsori marlboro gan, cuman ga dipasang di body motor

Riska Prastyawan mengatakan...

thanks gan ralatnya

Reza Rock mengatakan...

Bagaimanapun Juga Alasannya Prestasi Dunia tidak membenarkan Sesuatu Yg di Haramkan Allah ....

Kalau Alasan Di Atas(Sebagai Seponsor Peyokong Dana Terbesar)Dipakai Utk Jadi Pembenaran
Saya Takutnya Suatu Saat Nanti Menjadi Dalil Pembenaran Perusahan Miras,Dan Pengusaha Narkoba Utk Melegalkan Produknya .

Jadi Solusinya Pemerintah Lah Sebagai Kepala pemerintahan yg Mesti Memperhatikan Prestasi Masyarakatnya.