Rabu, 05 Juni 2013

Berbagai Perubahan Regulasi MotoGP terbaru

Hello Everybody

Pentas balap motor paling bergengsi di dunia ini pertama kali disenggelarakan oleh FIM pada tahun 1949 yang saat ini kita kenal dengan nama motogp. Saat ini ada 3 kelas yang diperlombakan yaitu moto3 moto2 dan kasti tertinggi para raja yaitu MotoGP.

riders_motoGP2013


Well, dalam perkembangannya, pihak promotor terlaksananya pentas motogp selalu mengeluarkan berbagai kebijakan regulasi baru tiap tahunnya bro sist. entah itu buat keamanan para rider ataupun berbagai faktor penyebab lainnya.

Perubahan regulasi tersebut meliputi perubahan kubikasi cc pada kendaraan, pembatasan mesin, maupun peraturan-peraturan mengenai tingkah laku para pembalap saat race berlangsung yang tentu saja bertujuan untuk meningkatkan keamanan bagi pembalap lain.

Oke, dan berikut berbagai kebijakan regulasi terbaru bro sist, cekidottt

Tahun 2002, Kelas 500cc digantikan dengan kelas Motogp dengan kapasitas motor 990cc.
pada tahun 2002, motor-motor kelas motogp sudah mulai ada berbagai jenis yaitu 2 tak dan 4 tak. tapi, besarnya power yang dikeluarkan motor 2 tak jauh lebih tinggi atau 2 kali lebih besar daripada motor 4 tak dengan cc yang sama. efeknya, pihak promotor mengeluarkan kebijakan regulasi baru yang memperbolehkan motor 4 tak menaikkan cc'nya hingga 990cc untuk mengimbangi power yang dikeluarkan motor 2 tak, dan untuk 2 tak tidak mengalami perubahan. dalam perkembangannya, Motor2 4tak mengalami perkembangan yang lebih mujur bro sist, dan karena faktor peraturan emisi, motor motor 2 tak mulai ditinggalkan.

Pada tahun 2005 sebuah peraturan baru untuk MotoGP telah diberlakukan yaitu flag-to-flag.
 Sebelumnya, jika sebuah balapan dimulai dengan start dalam kondisi sirkuit kering dan hujan turun, pembalap terdepan dapat mengangkat tangan untuk menghentikan lomba, demikian juga dengan para ofisial mengibarkan bendera merah untuk menghentikan balapan, kemudian balapan dimulai lagi dengan menggunakan ban basah. Sekarang jika hujan turun saat balapan tidak ada lagi bendera merah, para pembalap langsung menuju pit untuk mengganti ban sesuai kebijakan tim.

tahun 2007, kelas motogp diturunkan kapasitas cc'nya menjadi 800cc
Yap, dengan alasan keamanan pembalap, pihak penyelenggara motoGP mengeluarkan kebijakan baru untuk menurunkan cc dari 990cc menjadi 800cc.

Tahun 2010, kelas MotoGP diberlakukan kebijakan penggunaan 6 mesin dalam 1 musim.
Sebelum tahun 2010, tiap-tiap pabrikan bisa menggunakan hingga 20 mesin dalam satu musim bro sist, yaa dengan alasan mengurangi biaya yang dikeluarkan tiap tim, akhirnya dikeluarkan kebijakan pembatasan penggunaan 6 mesin dalam satu musim. Hal ini mendorong tiap tim-tim motogp untuk meningkatkan keawetan mesin, dan para rider pun harus lebih hati-hati dalam menggunakannya.

Pada tahun 2010, kelas 250 cc digantikan oleh kelas Moto2 dengan mesin Honda CBR600RR, sasis prototipe.
jangan heran jika di kelas setingkat dibawah motogp ini sudah tidak ada lagi pabrikan pabrikan eropa macam aprilia, KTM, Gilera dkk, ya karena sebelumnya kelas 250 cc menggunakan mesin 2 tak, dan dikeluarkan kebijakan baru dengan alasan emisi, maka kelas 250 cc ganti nama Moto2 dengan mesin 4 tak Honda CBR600RR #secara modal honda besar gan.

Pada tahun 2012, kelas MotoGP dinaikkan kapasitas mesinnya, menjadi 1.000 cc.
Karena tidak ada perubahan berarti dengan mesin 800cc, bahkan kecepatan motor pun boleh dikatakan sama, maka untuk kelas MotoGP dinaikan kembali kapaitas mesinnya menjadi 1000 cc.

99lorenzo,motogpfp-1_motogp-fp1_original

Pada tahun 2012, kelas MotoGP diberlakukan regulasi CRT (Claiming Rule Team) yang memperbolehkan Tim (Kecuali Team Pabrikan) memakai mesin motor massal 1.000 cc disasis prototipe 

Pada tahun 2012, kelas 125 cc digantikan oleh kelas Moto3 dengan mesin 250 cc

Pada tahun 2013, diterapkan sistem kualifikasi knockout.

Last, mungkin hanya itu beberapa dari perubahan-perubahan regulasi dari MotoGP, semakin berkembangnya teknologi, pastinya peraturan - peraturan dalam motogp akan selalu mengalami perubahan.


Referensi : Klik Disini

2 komentar:

Anonim mengatakan...

semakin ketat aja regulasinya
http://sarikurnia980.wordpress.com/

Riska Prastyawan mengatakan...

iya gan, balapan serasa kurang seru