Kamis, 06 Juni 2013

Cal Crutchlow Marah, Ancam Keluar dari Yamaha Tech 3


Hello Everybody

Sudah bukan jadi rahasia kalau Yamaha saat ini sedang bersikeras untuk mengontrak Pol Espargaro untuk bersanding dengan Bradley Smith musim depan.

Hal ini membuat posisi Cal Crutchlow semakin terancam posisinya, pembalap itu bersikeras bahwa tim terbaik untuk musim depan adalah bersama Yamaha Tech 3 tetapi dengan mendapat mesin dari spesifikasi pabrikan.

But, kesempatan itu tampaknya lebih terbuka untuk Pol Espargaro yang saat ini membalap di Moto2. Cal Crutchlow menilai bahwa tampilan di tahun 2012 dan awal 2013 belum mampu meyakinkan Yamaha untuk melanjutkan kerjasama dengannya untuk kedepan. saat ini Cal meraih posisi terbaik di motogp yaitu dengan meraih posisi ke 2 di seri Le Mans beberapa pekan yang lalu. Dan dia bersikeras untuk tetap mengendarai Yzr M1 pada musim mendatang.

Dalam 2 seri terakhir, Cal Crutchlow tampil mengesankan seakan membuktikan bahwa dia yang terbaik untuk tim yamaha tech 3. Cal daat meraih posisi ke 2 di Sirkuit Le Mans, dan yang terakhir adalah posisi ke tiga di seri Mugello Italia minggu lalu.

dilansir dari gilamotor.com, dalam wawancara yang dilakukan MCN, pembalap Inggris itu menumpahkan uneg-unegnya atas rencana Yamaha menggaet Pol Espargaro ke Tech 3. “Sejauh yang aku tahu, mereka [Yamaha] telah mengontrak Pol, dan itu bukan urusan ku, aku sungguh tak peduli. Tapi satu hal yang pasti, aku tak mau balapan di bawah Pol di dalam tim ku. Jadi jelas, aku akan pergi,” kecam Cal.

“Bahkan jika aku diberikan opsi balapan di sana, aku tak mau balapan di sana, dia punya kontrak dengan pabrikan dan aku tak mau. Situasi ku sekarang jelas aku ingin di Yamaha dan aku ingin balapan untuk tim yang sama. Jika ada sebuah kontrak kerja dari pabrikan, maka aku pantas mendapatkannya sebelum dia [Pol Espargaro].

Cal menjelaskan kalau orang paling tepat untuk ditanya tentang semua situasi ini adalah Lin [Jarvis - Bos Yamaha]. Semua ini ada di tangan Lin. Orang Jepang mengikuti apa yang dia katakan dan mengapa dia ingin mengontrak Pol, “itu adalah pilihannya sendiri,” ucap Cal.

“Saat ini aku tak khawatir. Aku masih punya motivasi, tapi aku tak mau balapan untuk Yamaha di bawah Pol. Yang terpenting adalah tetap dengan kontrak yang lebih baik dibanding kontrak yang aku punya sekarang.”

“Aku mendapatkan penawaran kontrak selama dua tahun seperti dikatakan Herve [Bos Tech 3] untuk menghindari sutuasi ini, tapi aku akan berada dalam situasi yang lebih buruk karena dia belum menandatangani kontrak dengan pabrikan. Bagaimana aku tahu jika nantinya dia mengatakan kita tak punya apa-apa sehingga kita tidak akan pergi balapan.?“

“Atau dia bilang, Aku harus balapan dengan motor CRT atau sesuatu seperti itu. Aku tak terlalu khawatir dan hubungan ku dengan Herve lebih kuat dari sebelumnya, tapi ada beberapa hal lain di luar sana yang mengambil peluang ku.”

“Aku ingin balapan di kejuaraan ini tapi di mana aku tak tahu. Aku punya minat besar di sini dan ini adalah apa yang ingin aku lakukan, tapi aku tak diperlakukan seperti orang bodoh… Aku tak khawatir masalah paket motor yang diberikan karena aku tahu apa yang aku miliki adalah peket motor yang bagus.”

Media Inggris itu pun menanyakan tentang perasaannya, yang menurutnya Yamaha telah memperlakukannya seperti orang bodoh dengan menawarkan Espargaro kontrak yang lebih baik. Cal berkata, “Tentu saja mereka melakukannya, karena apa lagi yang bisa aku lakukan untuk menjamin dan mempertimbangkan apa yang aku kerjakan saat ini?”

“Jawab dengan jujur, apa yang sudah Pol lakukan? Dia mengalahkan Marc [Marquez] tahun lalu hanya dua kali. Tapi Marc jauh lebih banyak dibanding dia. Aku tidak melawan Pol. Dia adalah seorang pembalap hebat dan dalam beberapa tahun dia akan berada di depan di MotoGP, tapi itu bukan masalah ku.”

“Jika Yamaha mengontraknya, aku tak bisa berbuat apa-apa dan jika mereka melihat sesuatu di dalam dirinya apa yang mereka inginkan, itu adalah pilihan mereka. Aku tak senang, tapi aku tak bisa berbuat apa-apa. Aku tak melakukan kesalahan apa pun, tapi orang yang paling tepat untuk ditanya adalah Lin.”

Dalam kesempatan lain, MCN mengkonfrontasi apa yang dikatakan Cal kepada Lin Jarvis. Jarvis mengatakan kalau Yamaha tak bisa menyembunyikan kenyataan bahwa Yamaha tertarik mengontrak Espargaro, tapi dia bersikeras bahwa Crutchlow tetap membalap dengan YZR-M1 di 2014. “Tentu Yamaha punya kepentingan pada Pol. Tahun lalu ada dua pembalap hebat di Moto2, Pol adalah salah satunya,” ucap Lin Jarvis.

Tapi di sisi lain, Lin bilang dia tak mau melihat Cal pergi dari Yamaha, “Aku tak mau melihat Cal pergi.”

“Kami perlu pembalap-pembalap yang kuat dan cepat dan Cal tentu salah satunya. Kami juga suka karakternya. Terkadang dia sedikit vocal tapi itu adalah bagian dari pesona dan daya tariknya juga dan saya tidak ingin melihat Cal meninggalkan projek ini.”

“Saya tahu dari Herve bahwa Cal menyatakan minat dan keinginan yang kuat untuk tetap di Yamaha tapi kami tak akan menempatkan tiga motor spesifikasi pabrikan di grid dan ini hal yang tidak akan berubah untuk tahun depan.”

Negosiasi seputar skuad Tech 3 bisa rumit jika Yamaha bertekad untuk mengontrak Espargaro dan mempertahankan Crutchlow. Juga ada Smith yang sudah di bawah kontrak untuk 2014. Ikhwal itu, Jarvis menambahkan: “Terlalu dini untuk membiacarakannya saat ini.”

“Ini adalah urusan internal yang perlu dibicarakan secara personal dengan Tech 3, Yamaha dan pembalapnya. Apa line up Tech 3 tahun depan, akan diputuskan pada tahap berikutnya dan itu masalah antara Herve, pembalapnya dan juga Yamaha.”

Bos Tech 3, Herve Poncharal juga mengatakan kepada MCN bahwa dia akan senang melihat Crutchlow menandatangani perpanjangan kontrak. Dia menambahkan: “Semua orang tahu ada beberapa kepentingan umum antara Espargaro dan Yamaha. Tentu saja mereka telah berbicara tapi saya tidak tahu pada tahap apa negosiasi saat ini karena ini adalah urusan Yamaha. Tapi Cal melakukan pekerjaan yang luar biasa.”

“Saya tidak percaya apa yang bisa dia lakukan tahun ini karena dari tahun 2011 dan 2012 dia membuat langkah besar. Tapi dia telah membuat langkah brilian lain. Dia adalah satu-satunya pembalap di luar pabrikan yang bisa mengisi di empat besar dan dia melakukan perkerjaan fantastis.”

“Saya senang punya kesempatan untuk menahan Cal tetap bersama kami karena dia membawa banyak hal ke dalam tim. Saya yakin akan ada beberapa kemungkinan dan saya ingin menahan dia dan saya pikir kami akan memiliki kesempatan untuk menahannya.

Tapi secara jujur, Herve mengaku risau. Dia khawatir apakah Cal akan benar-benar ingin tetap bersama Yamaha. Melihat situasi ini, pastinya Cal akan mencoba dan mencari pilihan lain. Ducati bisa jadi memiliki kursi kosong untuk dia dan juga Suzuki yang akan datang kembali ke MotoGP.

Last, dalam beberapa race belakangan ini, memang Cal Crutchlow seakan memiliki prestasi yang lebih baik, dan mungkin untuk masa depan tim Yamaha, Cal Crutchlow adalah pilihan yang paling realistis, dan mungkin bisa digunakan untuk bersanding dengan Jorge Lorenzo untuk project kedepan.

kritik dan saran
email radiansblog189@gmail.com

6 komentar:

Anonim mengatakan...

crutchlow kurang menjual jd kurang di minati walaupun skillnya bgs.

Riska Prastyawan mengatakan...

iya gan, padahal jika skillnya bagus, sering podium, toh nantinya sponsor akan datang sendiri

ikram mengatakan...

Nah loh gimana tuh kalo hengkang. Padahal skillnya kan oke juga.

Riska Prastyawan mengatakan...

iya gan, buat project kedepan memang cocok buat mendampingi Lorenzo jika tampilannya selalu kompetitif,
Tapi setidaknya jika diberi motor spesifikasi pabrikan pun boleh juga.

Anonim mengatakan...

emang ada persaingan apa sih antara pol n carl? #bingung.. hehehe

Riska Prastyawan mengatakan...

begini gan, crutchlow minta yamaha buat ngasih motor spesifikasi pabrikan, tapi ksempatan itu kayaknya lbih terbuka buat pol espargaro yg sdang diupayakan buat membalap di tech 3 tahun depan, padahal crutchlow sdah mmberikan kontribusi yg bagus slama ini, dan mrasa kurang dihargai. Belum lagi jka pol masuk, efeknya crutchlow akan keluar dari tech 3 karena yamaha juga masih punya kontrak dengan Bradley Smith(rekan crutchlow di tech 3), itulah yg membuat crutchlow marah.