Hai Bro n Sist..
Motor yang sudah berumur seringkali mulai muncul berbagai
problem di sektor luar mesin, setelah beberapa waktu lalu mengalami problem
pada monoshock Klik Disini, kali ini RSblog kembali kecolongan karena adanya kurang
perhatian terhadap knalpot si Malcoln (nama panggilan buat si mx). Dan ternyata
knalpot MX mengalami kebocoran pada bagian muffler/tabung knalpotnya, tepatnya
di bagian bawah.
Sebelum mengetahui adanya kebocoran knalpot pada si Malcoln,
sebenarnya RSblog sudah merasakan feeling suara yang berbeda pada exhaust saat
mesin dinyalakan, suara yang dikeluarkan pada knalpot standar ini terasa
terlalu ngebass dari biasanya, yaitu pada saat langsam maupun saat tuas gas
ditarik. But, karena saya masih terlalu sibuk jadi kurang memperhatikan adanya
problem tersebut, hingga selang beberapa hari saya mengecek knalpot tersebut
dan ternyata terdapat lubang di bagian bawah tabung knalpot, nggak
tanggung-tanggung gan, 3 sekaligus!, waduhhh.
Sebenarnya RSblog ingin langsung menggantinya dengan knalpot
aftermarket seperti NOB1 #yang tingkat
kebisingannya rendah, tapi karena masih ada banyaknya kebutuhan khas anak
sekolah, maka saya tunda niat tersebut dan akhirnya membawa si Malcoln ke
tukang las untuk menutupi lubang kebocoran knalpot tersebut.
Tidak membutuhkan
waktu lama, akhirnya tiga lubang kebocoran knalpot mx sudah tertutup dan
alhamdulilah suara yang dihasilkan kembali seperti semula.
Sebagai komponen penyalur gas sisa pembakaran, knalpot juga
berfungsi mendukung tampilan motor. Oleh karena itu, komponen ini juga perlu
mendapatkan perawatan. Karena knalpot sangat rawan berkarat dan bocor sehingga
menghasilkan suara lebih berisik atau keras yang mengikuti perputaran mesin
motor.
Selain mengikuti usia motor, karat pada knalpot terjadi
karena perbedaan suhu di dalam dan di luar pipa knalpot. Lebih lebih jika bro n
sist tinggal di daerah pantai, karena kandungan garam yang cukup tinggi di
udara sekitar, maka akan mudah menimbulkan korosi.
So, buat bro n sist yang menggunakan mx atau motor lainnya,
mungkin harus memberikan perhatian juga pada knalpot motor anda. terutama
knalpot orisinil pada motor 4 tak, karena cenderung kering, maka panas yang
dihasilkan bisa menyebabkan karat yang berujung pada kebocoran knalpot, atau efek
laiinya juga menyebabkan knalpot mudah menjadi kuning. Lalu, berikan oli
secukupnya ke dalam lubang knalpot dua bulan sekali. Jika sudah berkarat,
segera bersihkan kotoran yang menempel di knalpot dengan kain atau sikat kawat.
Atau dengan cara mengoleskan oli bekas pada leher knalpot, lalu hidupkan mesin
cukup dua menit agar oli menyerap. Lama kelamaan kotoran akan mengelupas
seiring mengeringnya oli yang kepanasan.
Sekiann…
4 komentar:
kalo knalpotnya crom, bisa bocor juga gk ya bro ?
wahh. bochor.. bochor...
http://kusuma11wijaya.wordpress.com/2013/09/21/bbm-for-android-sudah-tersedia-bada-maghrib-bagaimana-cara-menggunakannya/
tergantung perawatan dan kualitas material knalpot mungkin.
trimaksih informasinya
Posting Komentar