Laman

Selasa, 02 Juli 2013

Bisakah Ninja 150RR Lolos Euro 3? Mungkin Saja.


Hello Everybody

siapa yang tidak kenal motor dari generasi keluarga Ninja ini? motor 2 stroke yang masih dipertahankan oleh Kawasaki ini memang masih punya banyak peminat bro sist. Dalam perkembangannya, pihak kawasaki selalu memberikan perubahan pada Ninja 150RR ini, mulai dari perubahan tampilan body yang semakin sporty meruncing meniggalkan kesan membulat khas motor 2 tak terdahulu maupun penambahan fitur dan teknologi seperti HSAS dan SuperKIPS yang semakin membuat si Ninja ini lebih efisien pada bahan bakar ataupun lebih ramah lingkungan.



Buktinya? si Motor kencang yang dikenal jambakan setannya karena memiliki akselerasi jozz membuat kita merasa ditarik kebelakang ini tergolong motor 2 tak yang irit bro sist, dengan teknologi SuperKIPS yang bekerja mengatur buka tutup katup sesuai dengan putaran mesin atau boleh dikatakan KIPS akan bekerja pada Rpm tertentu memang membuat si RR ini lebih irit bro sist, dalam 1 liter premium dapat menempuh jarak sekitar 30km dengan daya sekitar 30dk!!

Kerennya lagi, Motor ini sudah lolos uji emisi EURO 2 gan! adanya penambahan catalytic Converter membuat motor ini lebih ramah terhadap lingkungan. Makanya, motor ini masih banyak dicintai para speed freak pecinta kecepatan yang pastinya bakalan didapat pada motor 2 tak dan mungkin bakalan susah kita dapatkan pada motor generasi 4 tak.

Oke, Back to the judul...

Seiring akan diberlalukannya peraturan baru tentang Emisi EURO 3 pada kendaraan baru yang rumornya akan disahkan pada bulan Agustus mendatang mendorong para pabrikan harus membuat motor yang lolos uji EURO 3. Yang paling ketara adalah perubahan sistem penyuplai bahan bakar dari karburator ke injeksi.  Efeknya, motor-motor emisi euro 2 kebawah yang masih dijual saat ini diberi waktu  bertahan 2 tahun. Dan nggak salah lagi Ninja 150RR yang masih euro 2 bakalan kena imbasnya, bahkan sudah ada isu bahwa motor ini akan di discontinue, petinggi kawasaki pun bilang jika mereka akan memproduksi ninja ini hingga tahun 2015, setelah itu?? yaa We dont know lah. Hal ini pula yang membuat kegelisahan para pecinta ninja 2 tak ataupun para calon pembeli ninja ini menjadi bingung...



But, bisakah Ninja 150RR ini lolos EURO 3? Jawabannya Mungkin Bisa! Cobalah kita melihat motor-motor Eropa yang masih 2 tak yang sudah lolos EURO 3, karena di eropa sana sudah memberlakukan standar emisi EURO 3, bahkan bisa lebih tinggi lagi. Kita ambil contohnya motor bemesin 125cc 2 stroke, yaitu Aprilia RS 125. Walaupun masih mengusung teknologi 2 tak karburator, motor ini sudah lolos uji emisi euro3 bro sist. Meski motor ini hanya dibekali mesin 125 cc tapi tenaganya sungguh luar biasa, bahkan motor ini mampu digeber hingga mengeluarkan output kurang lebih 29h dan mampu melesat hingga kecepatan diatas 150km/jam, mantap bukan untuk motor kubikasi 125cc? meskipun sebenarnya motor ini sudah menalami penurunan tenaga menjadi sekitar 24,77hp karena penaikan standarisasi ke euro 3.
Aprilia RS125 Picture
aprilia rs125

Sekarang bandingkan dengan motor 2 stroke dari geng ijo ini, Kawasaki Ninja 150RR ini meskipun mempunyai kubikasi lebih besar dari RS125 hanya mempunyai tenaga yang hampir sama, itupun masih euro 2. Dan bukan hal yang tidak mungkin jika Kawasaki melakukan perubahan standarisasi ke euro 3 pada motor ini. Kawasai pabrikan besar, dan adalah pabrikan yang selalu membuat kejutan dalam jagat permotoran. Kita lihat saja pada New Ninja 250FI, nggak ada isu apapun tiba-tiba brojoll.
Dan Kawasaki pun tidak mungkin mau kehilangan imagenya sebagai spesialis motor sport bertenaga besar. Dan merubah Ninja RR lolos EURO 3 sebenarnya bukan perkara yang susah.

So, Ninja 150RR EURO 3??? Mungkin Saja.
sekian...

13 komentar:

  1. ninja bisa aja dibikin euro 3, tapi gimana tenaganya?
    blm lagi biaya produksi untuk knalpot catalytic converter itu lumayan mahal.
    pernah baca diberita, produsen lbh milih ganti ke injeksi drpada catalytic converter soalnya injeksi biaya produksinya lebih murah CMIIW

    BalasHapus
  2. kalo dilihat-lihat tu kayaknya jamannya sekarang injeksi, coba lihat aja Ninja 250 juga diinjeksikan.. ato mau karbu euro 3 kayaknya p200ns :mrgreen:

    BalasHapus
    Balasan
    1. padahal peminat 2 stroke masih banyak gan, buktinya ada isu mau discontinue ttep aja masih banyak yang beli

      Hapus
  3. Ninja 150 cc 2tak cuma sampai 2015 om.
    2016 udah nggak boleh produksi lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan, itu yang membuat calon pembeli was was

      Hapus
  4. Semoga tidak bisa, jadi keluar deh ninja 150RR FI hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya malah lebih suka RR 2 tak euro 3 tuh gan, hehe, tp selera memang beda2

      Hapus
  5. ninja 150RR 2stroke euro3 20hp harga 40jt gmn coba? masi minat beli... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo rentan haga segitu mah, power lebih bagus harga sebanding sudah ada gan, hehe

      Hapus
  6. Kira" bulan oktober nanti masih ada gk stock produk ninja 2tak....kepingin sekali meminang si Ninin hehe

    BalasHapus
  7. Jgn berenti dlu kek produksinya.....
    Bulan nh ane baru mw beli....
    Cz dah 5 thn nunggu bru skrng bisa kebeli....
    Masa pas dah bisa kebeli skrng isu mw discountinew sh....
    Huft

    BalasHapus
  8. Jgn berenti dlu kek produksinya.....
    Bulan nh ane baru mw beli....
    Cz dah 5 thn nunggu bru skrng bisa kebeli....
    Masa pas dah bisa kebeli skrng isu mw discountinew sh....
    Huft

    BalasHapus

Terimakasih buat rekan pembaca yang sudah berkenan memberikan secuil komentar di artikel yang cukup sederhana ini.