Sabtu, 29 Juni 2013

Daftar Moblil Keluarga yang Paling Diminati


Hai Bro.

Mobil keluarga merupakan mobil yang sangat praktis dan pas untuk bepergian khusunya bersama keluarga, menyambung dari artikel sebelumnya tentang tips memilih mobil keluarga yang baik, kali ini saya akan menshare kepada bro sist tentang mobil keluarga atau MPV yang masih menjadi favorit di tanah air.


Mobil MPV (Multi Purpose Vehicle) masih menjadi idola masyarakat Indonesia. Itu terlihat dari dominasi tipe ini di pasar mobil nasional pada bulan keempat 2013. Penjualan MPV pada bulan lalu tembus 43.769 unit, di mana total market 102.999 unit.

Khusus penjualan mobil keluarga kelas low MPV berkapasitas mesin di bawah 1.500, penjualannya mengalami kenaikan. Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), dari 26.983 unit pada Maret menjadi 33.774 unit di April 2013.



Hal serupa juga terjadi pada penjualan mobil medium MPV yang berkapasitas mesin di atas 1.500. Penjualan pada Maret sebesar 8.947 unit, naik pada April menjadi 9.132 unit.


Toyota Avanza masih tetap kokoh memimpin segmen ini sekaligus mempertahankan predikat mobil paling laris di April 2013. Avanza mampu terserap pasar sebanyak 19.789 unit, di mana bulan sebelumnya hanya terlego 14.333 unit. 



Pertarungan sengit terjadi diperingkat kedua dan ketiga. Kali ini giliran Suzuki Ertiga kembali menyalip Daihatsu Xenia. Ertiga terjual 5.917 unit, sedangkan Xenia kalah tipis dengan raihan 5.660 unit. April lalu, Xenia unggul dengan torehan 7.141 unit, adapun Ertiga hanya 3.702 unit 


Adapun posisi empat dan lima masing-masing ditempati oleh Kijang Innova (5.056 unit) dan Nissan Grand Livina 1.990 unit.


Berikut daftar mobil keluarga terlaris April 2013:

1. Toyota Avanza 19.789 unit

2. Suzuki Ertiga 5.917 unit

3. Daihatsu Xenia 5.660 unit

4. Kijang Innova 5.056 unit

5. Nissan Grand Livina 1.990 unit

6. Honda Freed 1.663 unit

7. Daihatsu Gran Max 1.462 unit

8. Suzuki APV 1.328 unit

9. Daihatsu Luxio 553 unit

10. Chevrolet Spin 377 unit

11. Isuzu Panther 776 unit

12. Toyota Nav1 331 unit

13. Nissan Evalia 151 unit

14. Mazda Biante 113 unit

15. Toyota Alphard 95 unit

Rabu, 26 Juni 2013

Tips Memilih Mobil Keluarga


Hello Everybody

Mobil yang cocok digunakan untuk bersama keluarga memang tidaklah sama dengan mobil yang mungkin hanya kita kemudikan sendiri. Apalagi bila jumlah keluarga sedikit lebih banyak dan memiliki anak kecil, maka jenis mobil yang seharusnya dipilih juga berbeda pula. Nah terus bagaimana menemukan mobil keluarga yang cocok? Mulai dari pertimbangan bentuk, luas, harga dan tentunya pertimbangan kenyamanan dan keamanan bagi keluarga.



Berikut ini beberapa tips-tips yang mungkin dapat membantu Anda untuk menemukan mobil keluarga yang cocok dan sesuai seperti yang saya kutip dari Koranjitu, sebagai berikut :

1. Utamakan Keamanan (Safety First)
Anda pasti akan membawa anak-anak Anda bepergian bersama, dan tak lupa dengan perlengkapan yang mereka miliki, seperti mainan, tas, dan lain sebagainya. Jadi selalu utamakan keselamatan, walaupun setiap mobil dilengkapi dengan standar keamanan yang ada.

2. Tes drive atau uji keselamatan

Lakukan tes drive sebelum membeli mobil, baik mobil baru maupun mobil second, pastikan semuanya berfungsi dengan baik, mulai dari interior, mesin, stir, bagian-bagian mobil lainnya. Ada baiknya tanyakan juga mengenai uji keselamatan pada dealer mobil yang bersangkutan, apakah sudah lulus uji keselamatan atau belum.

3. Perhatikan Kantong udara pengaman (air bag)
Mobil-mobil dengan kantong udara pengaman (air bag) sudah mulai diproduksi sejak tahun 1998 dan biasanya kantong udara ini terdapat di bagian depan mobil. Walaupun kantong udara pengaman ini berfungsi untuk menyelamatkan penumpangnya (menurut survey, kantong udara pengaman ini bisa mengurangi risiko kecelakaan hingga 30% pada orang dewasa), namun dapat juga melukai anak-anak.

Anak-anak berusia kurang dari 12 tahun sebaiknya duduk di bangku mobil belakang, hal ini dapat mengurangi risiko terkena kantong udara pengaman dan terjepit diantaranya. Ada beberapa mobil yang sekarang sudah dilengkapi sistem otomatis yang dapat mengenali penumpang anak-anak dan otomatis mematikan sistem kantong udara pengaman (air bag) ini. Namun jika tidak terdapat sistem otomatis, bisa juga dimatikan secara manual. Anda bisa memastikan dengan menanyakan sistem kantong udara pengaman (air bag) ini kepada pihak dealer atau manufacturer mobil yang akan Anda beli.

4. Sabuk pengaman (seat belt)

Sebaiknya memasang sabung pengaman di setiap kursi, baik itu kursi bagian depan, tengah maupun kursi bagian belakang mobil. Pastikan sabuk pengaman yang Anda pasang ini bisa diatur juga untuk ukuran anakanak. Rem anti-lock (Anti lock brakes) Sistem rem pada umumnya akan mengunci / mengerem pada jalanan yang licin dan dapat menyebabkan mobil terplintir dan tergelincir. Namun saat ini, dapat dilengkapi dengan sistem ABS (Anti-lock Braking System), yang dapat mengunci disaat mobil tergelincir dan mobil tetap dalam keadaan yang terkontrol.

5. Safety door dan window locks
Pastikan mobil dilengkapi dengan safety door dan window locks sehingga Anda dapat memastikan Anak-anak selalu aman berada dalam mobil setiap saat.


source: detik.com

Kamis, 20 Juni 2013

Sponsor Rokok dinilai Berdampak Buruk bagi Event Olahraga

Hai Bro..

Buat para motogp lovers pasti belum terlupa dari ingatan, saat itu Tim Ducati disponsori oleh perusahaan rokok Marlboro, saat itu (sekitar tahun 2006-2007) tim pabrikan Ducati memperoleh pendapatan dari sponsor terbanyak! dan sokongan terbesarnya adalah dari Marlboro, begitu pula pada tahun 2005'an Yamaha juga memiliki sponsor utama dari pabrik rokok yaitu GAULOISES.


Namun, setelah dikeuarkannya peraturan baru (setelah tahun 2007) bahwa tim yang memiliki sponsor dari pabrik rokok dilarang memasang tulisannya di motornya, semua sponsor tersebut akhirnya menarik diri dari event balap paling bergengsi tersebut.



Dan akhirnya berkurang pula pendaatan dari tim tim tersebut..
hal ini bisa disebabkan pula dengan adanya banyak opini bahwa sponsor rokok memiliki dampak buruk bagi olahraga.

Seperti yang diungkapkan oleh ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) yang memiliki pendapat lain bahwa pembatasan rokok pada event olahraga akan berdampak buruk bagi event-event olahraga..
berikut kutipannya dari vivanews.com:

Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) DKI Jakarta, Yudiarto, menyoroti pembatasan sponsor rokok pada event olahraga. Yudiarto menilai pembatasan sponsor rokok akan berdampak buruk bagi event-event olahraga di Indonesia.
Berdasarkan PP 109/2012 tentang pengendalian produk tembakau, disebutkan sponsor rokok tidak boleh memasang logo dan menampilkan nama produk pada event yang disponsori. Kondisi tersebut bisa menyulitkan event-event olahraga yang sebagian besar disponsori oleh perusahaan rokok.

Yudiarto menilai ketergantungan atlet terhadap sponsor masih sangat besar, dan rokok adalah satu yang paling siap membantu. IMI sendiri menggelar setidaknya 50 event setiap minggu, baik karting, reli mobil dan motocross. Dari 50 event itu, yang disponsori rokok mencapai 30 event, dengan nilai ekonomi minimal Rp100 juta per event.

"Kalau sponsor rokok untuk dunia olahraga dilarang, maka tolong siapkan alternatif penggantinya, atau olahraga akan mati," ujar Yudiarto dalam rilis yang diterima VIVAnews.

Sementara itu, salah satu promotor otomotif Indonesia, Tjahjadi Gunawan, menegaskan imbas larangan sponsor rokok bisa terjadi hingga level terbawah. "Totalnya bisa ribuan orang yang terlibat, mulai dari mekanik hingga pembalap. Belum termasuk yang jualan makanan-minuman, pengurus parkir, penginapan yang dipakai kru-kru pembalap itu, dan banyak lagi”, ujar Gunawan.

Larangan sponsor rokok ini memang menjadi dilema. Di satu sisi, jumlah kematian akibat penyakit yang berhubungan dengan rokok cukup tinggi. Di sisi lainnya, perusahaan rokok merupakan sponsor terbesar event-event olahraga di Indonesia.

Pasal 36 pada PP 109/2012 menyebutkan produk tembakau yang mensponsori suatu kegiatan lembaga dan/atau perorangan hanya dapat dilakukan dengan tidak menggunakan nama merek dagang dan logo produk tembakau termasuk brand image, tidak bertujuan untuk mempromosikan produk tembakau. Pasal yang sama juga melarang sponsor rokok untuk kegiatan lembaga dan/atau perorangan yang diliput media.

Mantan pembalap nasional, Helmy Sungkar, mengatakan banyak prestasi atlet otomotif meningkat setelah didukung oleh industri rokok sebagai. "Kondisi itu pun tidak membuat atlet-atlet saya itu jadi perokok," papar Helmy. 


Well, sebenarnya sih emang nggak nyambung kalau sponsornya rokok, rokok kan bertentangan banget sama olahraga. Tapi kalau nggak ada sponsornya susah juga bro sist.

Di Indonesia hanyalah perusahaan rokok yang rela jor-joran mengeluarkan duitnya buat mendukung suatu event olahraga tertentu, contohnya saja event Bulutangkis yang disponsori Djarum, ISL juga Djarum, bahkan event olahraga tingkat kabupaten saja yang nyeponsori dari perusahaan rokok.
Dan opini jika ada pembatasan buat sponsor rokok, kayaknya bakalan susah event olahraga bakalan terlaksana dengan lancar..

sekian...

Senin, 17 Juni 2013

Aturan Sepakbola Ketika Masih Anak-Anak


Hello everybody..

Masa anak-anak memang masa yang paling indah dalam hidup, masa dimana kita masih terbebas dari suatu kesibukkan. Saya yang saat ini duduk di bangku SMA mulai merasakan suatu kesibukkan di masa mendatang. Kadang ada senang ada sedihnya juga saat saya mengingat-ingat masa masa saat saya anak-anak. #hehe


Kalau boleh curhat ya gan, masa kecil dulu kadang kocak banget kalau di ingat-ingat sampai sekarang. Dulu waktu pulang sekolah dan pulang ngaji langsung nyari lahan kosong buat main sepakbola.

tapi, peraturannya itu lho yang bikin ngakak guling-guling gan kalau diinget...

  1. yang gendut selalu jadi kiper
  1. Orang yang membawa bola yang memutuskan siapaa yang akan bermain.
  2. Penalty dilakukan jika ada pemain yang cidera serius
  3. Permainan dihentikan ketika pemain sudah pada lelah
  4. Ketika pemain sudah lelah, mereka berkata bahwa "gol selanjutnya adalah gol kemenangan".
  5. Jika tidak ada bola, botol plastik pun jadi.
  6. Tidak ada wasit.
  7. Jika bola masuk bawah mobil, mengambil bola di bawah mobi adalah hal yang paling menyebalkan
  8. Jika kamu dimasukkan terakhir, tidak ada harapan kamu bermain puas.
  9. Jika bola out tidak kena kiper, maka pemain yang menendang yang mengambilnya.
  10. Jika pemilik bola pulang, maka pertandingan dihentikan.
  11. Jika tidak ada gawang, maka menggunakan batu atau sendal dll
  12. Jika ada tendangan bola kearah gawang tetapi tingginya diatas kiper, maka dianggap tidak gol.
  13. tidak ada rasis, kartu, ataupun jersey.
  14. Tidak ada batasan waktu
  15. Semua pemain ingin jadi kiper saat terjadi penalty.
  16. Kalo kebobolan nyalahin bek atau kipernya.
  17. Tidak ada offside, kadang ada pemain yang cuma nunggu didepan gawang.
  18. yang badannya besar, jumlah pemainnya lebih sedikit dari pemain yang badannya  kecil kecil
  19. Permainannya berhenti kalau bolanya pecah
  20. Kalau jadi pemain pengganti, nunggu digantinya sampai pada udahan juga nggak diganti.
  21. Pemain yang jadi Striker itulah pemain yg dianggap paling hebat, dan bek adalah pemain yang nggak lihai main bola.
  22. Ada lagi, kalau pas nendang kena sendal, terus masuk, golnya nggak sahdan dibilang "tiangg!!"    
 hehehe, silahkan bisa ditambahkan gan...

Kamis, 13 Juni 2013

Ada Juga Brosur Honda Verza Kredt Harian

Hai bro

Honda Verza dalam kelahirannya memang sudah fenomenal, fenomenal dari sisi harga, fenomenal dari sisi desain, fenomenal dari sisi fitur, maupun fenomenal dari sisi kualitas finishing yang mungkin semuanya boleh dikatakan melebihi ekspetasi.



But, ada juga yang lebih fenomenal yaitu munculnya brosur di suatu koran yang menawarkan kredit harian Honda Verza. Mohon maaf brosis karena nihilnya gambar, hal ini disebabakan karena saya waktu itu sedang melaksanakan UKK, tepatnya pada hari Senin 10 Juni 2013 pulang UKK saya membaca lembaran-lembaran koran yang tersusun rapi menempel pada kaca di depan ruang guru, terdapat suatu brosur Honda Verza bersanding dengan Tiger dan CB150R.

ilustrasi seperti gambar diatas

Sebenarnya saya ingin mengambil gambar tersebut, tapi apa daya #weleh karena sekolah melarang untuk membawa hp saat pelaksanaan UKK, maka dengan sangat terpaksa tidak bisa mengambil gambar tersebut di hari itu.

Dan pada hari Rabu, karena UKK sudah selesai dan saya membawa ponsel, saya hendak  mengambil gambarnya, dan ternyata sudah tidak ada lagi koran tersebut disana, dalam hati cuma bisa bilang "yasudahlahh"


Dan Inti dari brosur tersebut mungkin dapat saya ambil kesimpulan :

- Honda Verza Harga 16'jutaan

- Kredit Rp 16.000 per hari selama 5 tahun, dp 0%

Dan yang paling menarik adalah kreditnya setiap hari Rp 16.000 selama 5 tahun bro sist, bisa dikalkulasikan deh jumlah totalnya selama lima tahun tersebut.

365 hari x 5 = 1825 Hari
1825 hari x 16.000 = 29.200.000

dan totalnya adalah Rp 29.200.000 gan!!

apakah berminat? mungkin memang memudahkan buat para calon konsumen yang ingin meminangnya tapi dengan modal yang minim. Tapi, harga akhirnya akan jauh melebihi dari harga aslinya gan, bisa dilihat dari perhitungan diatas, belum lagi jangka waktunya yang mungkin bisa dikatakan terlalu lama.

sekian...

Rabu, 12 Juni 2013

Jorge Lorenzo Ingin lanjutkan Kemenangan di Catalunya


Hai gan,,

Jelang Motogp Catalunya, Jorge Lorenzo ingin meraih kemenangan pada race minggu besok. Yang sebelumnya dia menghapus rentetan juara di Honda setelah memenangi seri di Mugello. Dan Jorge Lorenzo berharap bisa menjaga momentum tersebut gan.

Keberhasilan mematahkan rentetan kemenangan Honda membuat kepercayaan diri pebalap asal Spanyol itu tumbuh. Lorenzo pun berharap bisa melanjutkan momentum kemenangan yang sudah diraih, terlebih karena balapan selanjutnya akan digelar di kandang sendiri: Sirkuit Catalunya.

"Saya cukup puas setelah hasil hebat yang kami raih di Mugello dan itu melengkapi sebuah akhir pekan yang sempurna. Kembali meraih kemenangan adalah sesuatu yang sangat positif buat saya dan juga buat tim. Dan sekarang kami pergi ke Montmelo (Catalunya), grand prix kandang buat saya," sahut Lorenzo di Crash.

"Beberapa bagian lintasan cocok dengan kami, tapi keraguannya adalah apakah suhu lintasan akan bisa menguntungkan kami. Saya sangat optimistis akan balapan nanti dan kami akan terus bekerja dengan motornya seperti yang sudah saya lakukan di Italia," lanjut Lorenzo.

"Dibandingkan Mugello, Montmelo sedikit lebih lambat tapi setidaknya di sana tidak ada tikungan dengan gigi pertama, semoga itu bisa banyak membantu kami. Ini lintasan yang bagus buat kami dan kami harus mengambil keuntungan dari hal tersebut, mencoba mengulang kemenangan. Itu akan hebat untuk kejuaraan ini. Sejauh yang saya tahu saya akan berusaha 100% untuk meraihnya," said Lorenzo.


Well, Motogp Cataunya memang tinggal beberapa hari lagi bro sist. Dan menurut saya, si idola saya yaitu Jorge Lorenzo adalah salah satu kandidat juara. Secara dia adalah sosok rider petarung, dan cocok dengan motornya saat ini yang memang boleh dikatakan unggul di segi handling.

Tapi, yaa itu masih sekedar opini. Kita tunggu race nya saja.
sekian...

Referensi : Klik disini

Rekor ISL "Persela Hancurkan PSPS 9-1"

Hai Bro.
Sekali-sekali nggak bahas otomotif bro sist,
mumpung masih hangat, kali ini saya akan bahas rekor skor terbesar ISL, yaitu Persela vs PSPS yang berakhir dengan skor 9-1, atau dihitung jumlah golnya yaitu ada 10 gol tercipta, buahaha.



Bertanding di Stadion Surajaya, Rabu (12/6/2013) sore WIB, Persela menggebrak dengan mencetak gol cepat di menit ketujuh melalui Taufik Kasrun. Dan hanya dua menit berselang, tim tuan rumah menggandakan skor lewat penalti Gustavo Lopez akibat hands ball yang dilakukan oleh April Hadi.

PSPS mencoba berusaha menekan, dan memperoleh gol yang dilakukan oleh Djayusman Triasdi di menit 12, sehingga merubah skor menjadi 2-1.

Persela semakin beringas saat kemasukan bola. Di menit ke-32, Dedi Hendra membawa Persela unggul 3-1 setelah tendangan kerasnya dari luar kotak penalti tidak mampu ditahan oleh kiper  PSPS yaitu Susanto.

Setelah dua menit, kiper PSPS terpaksa memungut bola kembali dari gawangnya setelah Mario Costas mencetak gol dan skor menjadi 4-1.

Berikutnya Fandi Eko Utomo membuat dua gol tambahan bagi Persela di menit ke-39 dan 43

Dan babak pertama berakhir dengan skor 6-1.

Babak kedua berjalan, dan setelah 6 menit, Persela menambah gol kembali oleh Jimmy Suparno, dan skor menjadi 7-1.

Persela beberapa kali melakukan serangan berbahaya. Sampai pada akhirnya di menit ke-77, Costa mencetak gol kedua untuk membuat kedudukan  mejadi 8-1

Persela belum berhenti. Lima menit menjelang waktu normal habis, Costas kembali membobol gawang PSPS untuk mengakhiri laga dengan skor 9-1.

tv antena gan

Well, skor tersebut mengingatkan kita pada pertandingan Qatar vs Indonesia yang berakhir dengan skor 10-0, dan bayangkan itu adalah event Internasional!!

padahal sepakbola semakin maju, masih ada juga yaa pertandingan dengan skor akhir yang selisih besarr...

Minggu, 09 Juni 2013

Sindiran Rakyat, Soeharto "Iseh Penak Jamanku"

Hai Bro

Gambar iklan partai yang gunakan foto Soeharto

Pernahkah anda melihat gambar diatas? yups, akhir-akhir ini bak truk dengan bergambar Soeharto tersenyum banyak beredar, tidak hanya di bak truk saja, poster ataupun stiker itu pun banyak dijumpai di mobil pribadi maupun angkutan umum. Gaya katanya pun relatif hampir sama meskipun ada sedikit perbedaan, intinya "Esih Enak Jamanku to??" (masih enak jaman saya kan?) hahaha.

otoradians.blogspot.com


Bahkan, beberapa waktu lalu, Pihak Nasdem pun sampai rela membuat poster tandingan yang seolah menjawab iklan yang memperlihatkan lambaian tangan Pak Harto sedang tersenyum itu. Poster berlatar belakang warna biru dengan gambar Ketua Umum NasDem Surya Paloh dan Ketua DPD NasDem DIY Subardi. Di bawah foto mereka, terdapat tulisan "Kabarku Apek Mbah. Tenang Wae Tak Jamin. Jamanku Luweh Penak. He..He..He..!".

Baliho ini terlihat di berbagai ruas jalan utama di Yogyakarta. Pemasangan baliho tersebut membuat sejumlah pengguna jalan sempat memperhatikan poster yang baru saja muncul di sejumlah titik di ruas-ruas jalan utama.

well, dengan kondisi Indonesia yang carut maruuutt sekarang ini, tak salah jika rakyat pun sampai  hati membuat poster dan stiker bergambar pak Suharto melambaikan tangan tersebut. Tujuannya cuma satu, menyindir pemerintahan sekarang pastinya. Berbagai permasalahan yang ada di negeri ini membuat banyak rakyat semakin geram, korupsi merajalela, bahkan banyak anggapan rakyat yang berkata "nggo ngopo mbayar pajak? lhawong duite mung dipangan preman nggo dasi kok" (Buat apa bayar pajak? lha uangnya saja cuma dimakan peman berdasi), hukum pun seakan tajam kebawah, tapi tumpul keatas, lhawong anak kecil nyuri sendal aja sampai dihukum dan disiksa, sedangkan para koruptor yang makan duit rakyat, cuma dibiarkan seperti angin lalu, hoho.

Bahkan ada juga orang yang rela menjahit bibirnya hanya agar tuntutan mereka dipenuhi, 

So, jangan salahkan Rakyat jika mereka membuat poster sindiran kepada pemerintah, semoga indonesia akan berkembang lebih maju lagi. keinginan rakyat cukup sederhana, makan tercukupi, fasilitas diperbaiki, dan keadilan hukum Indonesia yang lebih baik lagi.

Last, semoga Indonesia berkembang menjadi negara yang lebih baik lagi agar mendapat pujian dari rakyat bukan sindiran dari foto-foto terlampir dibawah :








Jumat, 07 Juni 2013

MotoGP Terapkan Aturan Baru Untuk 2014

Hello Everybody.



Motogp baru saja dimulai, yang saat ini baru berjalan 5 race. namun, berbagai peraturan baru yang akan diberlakukan di musim 2014 mendatang telah dikeluarkan.

MotoGP memastikan bahwa spesifikasi ECU (electronic control unit) dan sistem data logging akan menjadi hal yang wajib mulai musim 2014. Kebijakan itu diambil setelah negosiasi dengan tim-tim pabrikan tersebut berlangsung sukses bro sist.

Tim pabrikan diizinkan untuk terus menggunakan perangkat lunak mereka sendiri, asalkan hanya memakai 20 liter bahan bakar, bukan 24 liter dan yang 24 liter akan dberlakukan untuk tim CRT. Mereka juga hanya boleh menggunakan lima mesin dalam satu musim, dibandingkan dengan 12 mesin untuk tim CRT (Claiming Rule Teams).

Dengan demikian, CRT secara penuh akan menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak ECU standar Magneti-Marelli. Mereka juga mendapat keuntungan empat liter bahan bakar dibandingkan mesin tim pabrikan.

Selain itu, MotoGP juga memperketat aturan uji coba, untuk menghindari terulangnya tes privat di Austin bulan lalu, yang hanya diikuti tim Honda dan Yamaha, plus satu pebalap tim satelit LCR Honda.



Berikut aturan untuk kelas MotoGP

- Aturan teknis:

Regulasi teknik baru, efektif mulai 2014, yang disetujui dalam pertemuan GPC di Valencia pada bulan November 2012 dan telah diumumkan bahwa semua dikonfirmasi. Ini menyusul keberhasilan negosiasi antara Dorna dan pabrikan mengenai pasokan mesin tambahan dan atau mesin untuk kelas MotoGP mulai 2014.

Untuk alasan keamanan, disepakati bahwa spesifikasi berbeda dari cakram rem bisa disetujui oleh Race Direction untuk digunakan di sirkuit-sirkuit tertentu. Saat ini, satu-satunya sirkuit yang bisa menerapkan hal tersebut adalah di Motegi.


- Aturan uji coba - Efektif 11 November 2013:
Pembatasan uji coba baru akan diperkenalkan untuk kelas MotoGP. Ini akan membatasi jumlah uji coba yang diizinkan untuk para pebalap yang dikontrak.

Satu uji coba resmi selama tiga hari di sebuah sirkuit di Eropa antara seri terakhir dan 30 November.

Uji coba resmi ketiga selama tiga hari berlangsung dalam periode antara 1 Februari dan seri pertama musim balap.

Maksimal ada tiga uji coba, setiap satu hari, pada hari Senin setelah event yang ditunjuk Dorna/IRTA di Eropa.

Setiap aktivitas resmi diselenggarakan Race Direction.

Tak ada uji coba yang diizinkan antara 1 Desember dan 31 Januari.

Test rider, sebaliknya, dari para pebalap kontrak. Mereka akan melanjutkan uji coba kapan pun dan di sirkuit mana pun untuk melakukan pengembangan, dan "alokasi ban uji coba" disediakan untuk setiap tim.

Hal ini juga akan diterapkan kepada para pebalap kontrak kategori tim CRT. Mereka harus tunduk pada persetujuan uji coba di sebuah sirkuit Grand Prix yang diberikan oleh Race Direction sebelum tes.

last, pentas motogp tahun 2014 masih lama bro sist, akan ada banyak hal menarik di tahun 2013. So nikmati saja dulu untu tahun ini. hehehe

Source : detik.com

Kamis, 06 Juni 2013

Cal Crutchlow Marah, Ancam Keluar dari Yamaha Tech 3


Hello Everybody

Sudah bukan jadi rahasia kalau Yamaha saat ini sedang bersikeras untuk mengontrak Pol Espargaro untuk bersanding dengan Bradley Smith musim depan.

Hal ini membuat posisi Cal Crutchlow semakin terancam posisinya, pembalap itu bersikeras bahwa tim terbaik untuk musim depan adalah bersama Yamaha Tech 3 tetapi dengan mendapat mesin dari spesifikasi pabrikan.

But, kesempatan itu tampaknya lebih terbuka untuk Pol Espargaro yang saat ini membalap di Moto2. Cal Crutchlow menilai bahwa tampilan di tahun 2012 dan awal 2013 belum mampu meyakinkan Yamaha untuk melanjutkan kerjasama dengannya untuk kedepan. saat ini Cal meraih posisi terbaik di motogp yaitu dengan meraih posisi ke 2 di seri Le Mans beberapa pekan yang lalu. Dan dia bersikeras untuk tetap mengendarai Yzr M1 pada musim mendatang.

Dalam 2 seri terakhir, Cal Crutchlow tampil mengesankan seakan membuktikan bahwa dia yang terbaik untuk tim yamaha tech 3. Cal daat meraih posisi ke 2 di Sirkuit Le Mans, dan yang terakhir adalah posisi ke tiga di seri Mugello Italia minggu lalu.

dilansir dari gilamotor.com, dalam wawancara yang dilakukan MCN, pembalap Inggris itu menumpahkan uneg-unegnya atas rencana Yamaha menggaet Pol Espargaro ke Tech 3. “Sejauh yang aku tahu, mereka [Yamaha] telah mengontrak Pol, dan itu bukan urusan ku, aku sungguh tak peduli. Tapi satu hal yang pasti, aku tak mau balapan di bawah Pol di dalam tim ku. Jadi jelas, aku akan pergi,” kecam Cal.

“Bahkan jika aku diberikan opsi balapan di sana, aku tak mau balapan di sana, dia punya kontrak dengan pabrikan dan aku tak mau. Situasi ku sekarang jelas aku ingin di Yamaha dan aku ingin balapan untuk tim yang sama. Jika ada sebuah kontrak kerja dari pabrikan, maka aku pantas mendapatkannya sebelum dia [Pol Espargaro].

Cal menjelaskan kalau orang paling tepat untuk ditanya tentang semua situasi ini adalah Lin [Jarvis - Bos Yamaha]. Semua ini ada di tangan Lin. Orang Jepang mengikuti apa yang dia katakan dan mengapa dia ingin mengontrak Pol, “itu adalah pilihannya sendiri,” ucap Cal.

“Saat ini aku tak khawatir. Aku masih punya motivasi, tapi aku tak mau balapan untuk Yamaha di bawah Pol. Yang terpenting adalah tetap dengan kontrak yang lebih baik dibanding kontrak yang aku punya sekarang.”

“Aku mendapatkan penawaran kontrak selama dua tahun seperti dikatakan Herve [Bos Tech 3] untuk menghindari sutuasi ini, tapi aku akan berada dalam situasi yang lebih buruk karena dia belum menandatangani kontrak dengan pabrikan. Bagaimana aku tahu jika nantinya dia mengatakan kita tak punya apa-apa sehingga kita tidak akan pergi balapan.?“

“Atau dia bilang, Aku harus balapan dengan motor CRT atau sesuatu seperti itu. Aku tak terlalu khawatir dan hubungan ku dengan Herve lebih kuat dari sebelumnya, tapi ada beberapa hal lain di luar sana yang mengambil peluang ku.”

“Aku ingin balapan di kejuaraan ini tapi di mana aku tak tahu. Aku punya minat besar di sini dan ini adalah apa yang ingin aku lakukan, tapi aku tak diperlakukan seperti orang bodoh… Aku tak khawatir masalah paket motor yang diberikan karena aku tahu apa yang aku miliki adalah peket motor yang bagus.”

Media Inggris itu pun menanyakan tentang perasaannya, yang menurutnya Yamaha telah memperlakukannya seperti orang bodoh dengan menawarkan Espargaro kontrak yang lebih baik. Cal berkata, “Tentu saja mereka melakukannya, karena apa lagi yang bisa aku lakukan untuk menjamin dan mempertimbangkan apa yang aku kerjakan saat ini?”

“Jawab dengan jujur, apa yang sudah Pol lakukan? Dia mengalahkan Marc [Marquez] tahun lalu hanya dua kali. Tapi Marc jauh lebih banyak dibanding dia. Aku tidak melawan Pol. Dia adalah seorang pembalap hebat dan dalam beberapa tahun dia akan berada di depan di MotoGP, tapi itu bukan masalah ku.”

“Jika Yamaha mengontraknya, aku tak bisa berbuat apa-apa dan jika mereka melihat sesuatu di dalam dirinya apa yang mereka inginkan, itu adalah pilihan mereka. Aku tak senang, tapi aku tak bisa berbuat apa-apa. Aku tak melakukan kesalahan apa pun, tapi orang yang paling tepat untuk ditanya adalah Lin.”

Dalam kesempatan lain, MCN mengkonfrontasi apa yang dikatakan Cal kepada Lin Jarvis. Jarvis mengatakan kalau Yamaha tak bisa menyembunyikan kenyataan bahwa Yamaha tertarik mengontrak Espargaro, tapi dia bersikeras bahwa Crutchlow tetap membalap dengan YZR-M1 di 2014. “Tentu Yamaha punya kepentingan pada Pol. Tahun lalu ada dua pembalap hebat di Moto2, Pol adalah salah satunya,” ucap Lin Jarvis.

Tapi di sisi lain, Lin bilang dia tak mau melihat Cal pergi dari Yamaha, “Aku tak mau melihat Cal pergi.”

“Kami perlu pembalap-pembalap yang kuat dan cepat dan Cal tentu salah satunya. Kami juga suka karakternya. Terkadang dia sedikit vocal tapi itu adalah bagian dari pesona dan daya tariknya juga dan saya tidak ingin melihat Cal meninggalkan projek ini.”

“Saya tahu dari Herve bahwa Cal menyatakan minat dan keinginan yang kuat untuk tetap di Yamaha tapi kami tak akan menempatkan tiga motor spesifikasi pabrikan di grid dan ini hal yang tidak akan berubah untuk tahun depan.”

Negosiasi seputar skuad Tech 3 bisa rumit jika Yamaha bertekad untuk mengontrak Espargaro dan mempertahankan Crutchlow. Juga ada Smith yang sudah di bawah kontrak untuk 2014. Ikhwal itu, Jarvis menambahkan: “Terlalu dini untuk membiacarakannya saat ini.”

“Ini adalah urusan internal yang perlu dibicarakan secara personal dengan Tech 3, Yamaha dan pembalapnya. Apa line up Tech 3 tahun depan, akan diputuskan pada tahap berikutnya dan itu masalah antara Herve, pembalapnya dan juga Yamaha.”

Bos Tech 3, Herve Poncharal juga mengatakan kepada MCN bahwa dia akan senang melihat Crutchlow menandatangani perpanjangan kontrak. Dia menambahkan: “Semua orang tahu ada beberapa kepentingan umum antara Espargaro dan Yamaha. Tentu saja mereka telah berbicara tapi saya tidak tahu pada tahap apa negosiasi saat ini karena ini adalah urusan Yamaha. Tapi Cal melakukan pekerjaan yang luar biasa.”

“Saya tidak percaya apa yang bisa dia lakukan tahun ini karena dari tahun 2011 dan 2012 dia membuat langkah besar. Tapi dia telah membuat langkah brilian lain. Dia adalah satu-satunya pembalap di luar pabrikan yang bisa mengisi di empat besar dan dia melakukan perkerjaan fantastis.”

“Saya senang punya kesempatan untuk menahan Cal tetap bersama kami karena dia membawa banyak hal ke dalam tim. Saya yakin akan ada beberapa kemungkinan dan saya ingin menahan dia dan saya pikir kami akan memiliki kesempatan untuk menahannya.

Tapi secara jujur, Herve mengaku risau. Dia khawatir apakah Cal akan benar-benar ingin tetap bersama Yamaha. Melihat situasi ini, pastinya Cal akan mencoba dan mencari pilihan lain. Ducati bisa jadi memiliki kursi kosong untuk dia dan juga Suzuki yang akan datang kembali ke MotoGP.

Last, dalam beberapa race belakangan ini, memang Cal Crutchlow seakan memiliki prestasi yang lebih baik, dan mungkin untuk masa depan tim Yamaha, Cal Crutchlow adalah pilihan yang paling realistis, dan mungkin bisa digunakan untuk bersanding dengan Jorge Lorenzo untuk project kedepan.

kritik dan saran
email radiansblog189@gmail.com